Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Kamis, 25 Juli 2013

Manfaat Meditasi Matahari Pagi

UDENG JAWA
Meditasi dan Manfaatnya
  MEDITASI MATAHARI TERBIT
Seringkali meditasi menimbulkan kesan hanya untuk membuang-buang waktu belaka. Orang enggan melakukan meditasi karena memiliki rasa takut akan pikiran melayang, berhalusinasi dan kadang-kadang dianggap mengakibatkan gila bila salah latihan. Belum lagi cerita-cerita yang menghubungkan meditasi dengan kekuatan-kekuatan gaib dan ilmu hitam.

Di sini di tingkat paling mudah, meditasi lebih ditekankan pada tujuan meningkatkan konsentrasi, ketenangan, kepercayaan diri, mengurangi tekanan fisik dan mental. Dan tujuan meditasi lebih pada perbaikan karakter, pada cara-cara menghadapi tekanan hidup.

Di tingkat yang lebih tinggi meditasi bertujuan untuk memperluas dan lebih memahami tentang aspek-aspek kehidupan, toleransi dan lebih ke arah pemahaman tentang kasih sayang kepada sesama, berusaha mengurangi dan menghilangkan rasa benci dan dendam.

Di tingkat yang lebih tinggi lagi dan lebih maju dimaksudkan untuk menyadari dirinya yang sejati, tentang Tuhan yang bersemayam di dalam hati, Tuhan yang berada di mana-mana, Tuhan yang bersemayam di semua mahluk, menguatkan dan mengoptimalkan suara hati dan intuisi. Intuisi akan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terutama pada saat menentukan keputusan yang besar dalam hidupnya.

Tentu di samping manfaat seperti di atas, ada juga manfaat sampingan seperti memiliki kekuatan batin, kemampuan membaca pikiran orang lain, kemampuan mempengaruhi pikiran orang lain, kemampuan melihat masa depan, dan lain-lain. Tetapi yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa hal-hal tersebut jangan terlalu dikejar dan bukan merupakan tujuan meditasi.



Banyak pula orang yang tertarik pada meditasi untuk mendapatkan kemampuan penyembuhan dan penyegaran tubuh dan pikiran. Banyak penyakit kejiwaan maupun fisik yang disembuhkan melalui proses meditasi.

Umumnya meditasi dapat dipandang sebagai perjalanan ke dalam diri. Peralihan dari kebiasaan melihat ke luar menjadi ke dalam. Manusia membutuhkan saat-saat istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh, membawa kesegaran pada tubuh, emosional dan pikiran.

Suasana mediatif adalah kondisi 'tanpa waktu' dan perasaan 'di sini dan sekarang'.
"Masa lalu telah berlalu, masa depan tidak menentu. Hari inilah yang abadi. Sekarang dan disini. "

sumber bacaan buku Meditasi Matahari Terbit  Butir-butir Indah Wacana Para Maharsi karya Gede Arsa Dana. Ditulis dalam blog oleh Rare Angon Nak Bali Belog.

3 komentar:

  1. Selamat pagi Cinta, terimakasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  2. Salam dari blogger GunungKidul

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak atas kunjungannya sobat 'Jangan Pernah Surut' Maslasno, sukses

    BalasHapus

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive