Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Jumat, 19 April 2013

5 Nama Lain Sebutan Kitab Suci Veda


Veda Sabda Suci
         Nama-Nama Lain Kitab Suci Veda.
Diketengahkan pembahasan nama-nama lain kitab suci Veda mengingat dalam membaca kitab suci Veda maupun susastra Hindu yang lain, baik yang berbahasa Sanskerta maupun yang berbahasa Jawa Kuno kita jumpai berbagai nama atau istilah untuk menyebutkan kitab suci umat Hindu ini. Adapun nama-nama lain dari kitab suci Veda itu antara lain :


  • 1. Kitab Sruti. Kitab Sruti menunjukkan bahwa isi kitab itu merupakan wahyu Tuhan Yang Maha Esa yang diterima para maharsi. Seorang maharsi disebut Mantradrasta yang artinya karena kesucian diri pribadinya mampu merekam sabda Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Apauruseya, atau Tuhan Yang Maha Esa yang bukan berwujud manusia dan di dalam susastra berbahasa Jawa Kuno kita sering menemukan istilah Sang Hyang Sruti yang maksudnya tidak lain adalah untuk memuliakan kitab suci Veda yang merupakan wahyu Tuhan Yang Maha Esa.


  • 2. Kitab  Catur Veda. Nama Catur Veda dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Veda itu merupakan himpunan (Samhita) dari Rgveda, Yayurveda, Samaveda dan Atharvaveda. Tiga yang pertama diyakini umurnya jauh lebih tua. Sesungguhnya Veda dapat dikelompokkan dalam 2 jenis yaitu Rgveda dan Atharvaveda, karena 2 kitab lainnya (Yayur dan Samaveda) bersumber pada Rgveda. Di dalam susastra Jawa Kuno kita jumpai istilah Sang Hyang Catur Veda.


  • 3. Kitab Rahasya. Kata rahasya artinya bahwa Veda mengandung ajaran yang bersifat rahasia yakni ajaran moksha atau kelepasan. Ajaran Veda yang meliputi ajaran Ketuhanan serta penciptaan alam semesta yang penuh misteri dan selalu menjadi pertanyaan serta usaha untuk bersatu dengan-Nya merupakan tujuan tertinggi agama Hindu.


  • 4. Kitab Agama. Kitab Agama menunjukkan bahwa kebenaran Veda adalah mutlak dan harus diyakini kebenarannya. Kata Agama merupakan salah satu istilah pramana yaitu tiga cara untuk menentukan kebenaran sesuatu, yaitu agama pramana, anumana pramana, dan pratyaksa pramana yang masing-masing berarti kebenaran yang disampaikan oleh orang-orang suci yang sangat diyakini kesucian pribadinya, kebenaran yang berdasarkan pertimbangan analisis yang sistematis dan kebenaran berdasarkan pengamatan. Kebenaran Veda yang bersifat mutlak ini karena merupakan wahyu Tuhan Yang Maha Esa yang diterima oleh para maharsi. Tuhan Yang Maha Kuasa disebut Satyasya Satya, yaitu kebenaran sejati.


  • 5. Kitab Mantra. Kitab Mantra adalah nama lain dari kitab Veda. Nama ini diberikan karena Veda memang berbentuk mantra atau puisi (syair) yang dapat pula dilagukan. Mantra artinya ucapan yang keluar dari pikiran (manah) dan pikiran merupakan saluran membentuk rupa atau wujud yang dapat dibayangkan. Seluruh kitab Sruti syairnya pada umumnya disebut mantra meliputi seluruh kitab Samhita (Catur Veda), Brahmana, Aranyaka dan kitab-kitab Upanisad di luar kitab tersebut syair-syairnya disebut sloka, seperti kitab-kitab Itihasa (Ramayana dan Mahabharata) termasuk kitab Bhagavadgita dan lain-lain. Di Bali umat Hindu menyebut setiap syair berbahasa Sanskerta disebut mantra sedang doa pujian yang menggunakan bahasa Bali disebut “Sehe


Demikian beberapa nama yang diberikan kepada kitab suci Veda yang dalam khasanah susastra Jawa Kuno atau Kawi disebut Sang Hyang Veda menunjukkan bahwa kitab suci ini diyakini sebagai ajaran yang mendapatkan kedudukan yang sangat terhormat dan tentunya ditempatkan pada tempat yang dipandang layak untuk itu. Jangankan kitab Suci Veda, bagi umat Hindu di Bali, lontar-lontar puja dan lontar-lontar sastra lainnya pun di tempatkan pada tempat yang sangat terhormat (tinggi) dan pada hari raya Sarasvati, dirawat dengan baik, dibersihkan dan diperbaiki tali atau jilidannya dan diupacarakan sebagai mana mestinya. Umat Hindu yakin sastra suci atau huruf Bali adalah sthana atau wujud dari devi Sarasvati, dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.


Sumber buku  Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan karya I Made Titib. Ditulis dalam blog oleh Rare Angon Nak Bali Belog.

1 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat untuk mengenal Hindu> terima kasih telah mempostingkan artikel tentang Veda

    BalasHapus

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive